Cara Membuat Website Anda Mudah Ditemukan

Pada Minggu kemarin (4/3) saya mengikuti kelas Google Garpu Digital ynag dilaksanakan di Clappam, Kompleks Pertokoan Center Point Mall. Materi saya ikuti adalah Materi dasar tentang “Tips Website Efektif dan Pengenalan SEO & SEM”.

Tentu dengan memiliki website bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh pelanggan Anda. Pertanyaannya bagaimana website bisnis Anda ditemukan? tentu hal ini perlu Anda perhatikan, jangan sampai tampilan website bisnis Anda sudah oke, tapi sepi pengunjung.

Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk website Anda mudah ditemukan

  1. Website Anda harus menggandung kata-kata kunci Pencarian. Mulailah Anda berpikir menjadi seorang pelanggan Anda. Mulailah membuat listing kata kunci apa yang akan mereka gunakan sehingga website Anda ditemukan. Anda dapat menggunakan ini sebagai bahan optimasi website Anda dan menyusun iklan online yang tepat sasaran.
  2. Hasil pencarian organik. Tampil baik di hasil pencarian organic dengan melakukan optimasi onpage dan off page pada website Anda.
  3. Bisnis listing. Daftarkan bisnis Anda pada Google Bisnisku agar lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh pelanggan lokal di sekitar Anda.
  4. Hasil pencarian berbayar. Hasil ini merupakan Search Engine Marketing menggunakan iklan AdWords.
  5. Buat konten yang bermanfaat dalam website bisnis Anda sehingga mesin pencari dapat memahami website Anda dan meningkatkan engagement dengan pelanggan Anda. Konten yang dibuat sebaiknya berguna dan informatif, lebih bernilai dan berguna dibanding dengan situs lain, dapat dipercaya, berkuakitas tinggi dan menarik pengunjung. Konten juga sebaiknya selalu diperbarui dan terus dilanjutkan sehingga mesin pencari aktif mengindeks konten terbaru dalam website.
  6. Anda juga bisa melakukan promosi tambahan untuk website Anda dengan beberapa cara seperti:
    1.  Mencatumkan alamat website pada resi/kwitansi yang Anda berikan kepada pelanggan Anda ataupun bahan cetak lainnya. 
    2. Meminta ulasan (review) dari pelanggan Anda yang senang/puas di website Anda.
    3. Menggunakan alamat email bisnis untuk melakukan komunikasi yang efisien.
    4. Menggunakan media social untuk menjalin hubungan dengan konsumen, dan membuat postingan yang menarik mereka untuk mengunjungi website bisnis Anda.

Yang perlu diingatkan bahwa dalam pencarian website, cobalah membangun dengan kepercayaan, karena dalam bisnis sangat penting kita pegang. No trust, no deal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.