Penerapan Klausul 4 ISO 9001:2015 Pada Organisasi

Penerapan Klausul 4 ISO 9001:2015 – Perusahaan kamu sudah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008? atau baru berniat mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001?

Bagi perusahaan yang baru mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, sebaiknya menggunakan versi 2015 saja. Hal ini tentu akan menghemat waktu, pikiran dan sumber daya perusahaan karena pada september 2018 seluruh perusahaan/organisasi harus mengupgrade ke versi terbaru.

Sebaliknya perusahaan/organisasi yang sudah mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 tentu menjadi pekerjaan rumah yang harus segera disesuaikan dengan versi 2015.

Adapun penerapan klausul 4 ISO 9001:2015 dengan menggunakan bahasa yang sederhana adalah sebagai berikut:

Klausul 4.1 Memahami Organisasi dan Konteksnya

Persyaratan Standar meminta organisasi harus mengidentfikasi isu-isu eksternal dan internal yang mempengaruhi sistem manajemen mutu organisasi serta memonitoring tindakan yang diambil untuk meminimalisir atau menghilangkan isu-isu tersebut.

Isu-isu yang bisa dijadikan contoh organisasi dalam mengidentifikasikannya seperti:

  • Lingkungan
  • Politik
  • Hukum
  • Kompetitif
  • Pasar
  • budaya dan lain sebagainya

Klausul 4.2 Memahami Kebutuhan dan Ekspektasi dari Pihak yang berkepentingan

Inti dari persyaratan standar ISO 9001:2015 meminta organisasi menentukan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap organisasi serta memantau dan memonitoring apakah persyaratan pihak-pihak yang berkepentingan sudah dipenuhi atau belum.

klausul 4.3 Menetapkan lingkup dari sistem manajemen mutu

Persyaratan standar meminta organisasi harus:

  • Memiliki ruang lingkup penerapan standar ISO 9001:2015 di organisasi
  • Apabila ada persyaratan standar yang tidak diterapkan, harus dipastikan tidak berhubungan langsung dengan kesesuai produk atau jasa.
  • Ruang lingkup tersebut harus terdokumentasi

Klausul 4.4 Sistem Manajemen Mutu

Persyaratan standar mengharapkan organisai harus memiliki bisnis proses. Bisnis proses harus menggambarkan proses manajemen, proses inti dan proses pendukung.

Bisnis proses harus menggambarkan keseluruhan interaksi antar bagian/departemen yang ada disetiap organisasi. Bisnis proses organisasi harus terdokumentasikan.

Silahkan dishare informasi ini ke teman kamu

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *